Kamar tidur merupakan tempat favorit setiap anggota keluarga. Fungsi kamar tidur yaitu sebagai tempat beristirahat untuk melepas lelah dari segala aktivitas sehari-hari. Tentu saja kita membutuhkan privasi dan ruang yang nyaman digunakan untuk beristirahat. Kenyamanan akan terasa semakin hangat dan menyenangkan jika kita menciptakan suasana kamar tidur yang nyaman untuk digunakan.

Oleh karena itu kita perlu memperhatikan suasana kamar tidur kita, agar kamar kita bisa memiliki suasana ternyaman dengan sentuhan desain interior yang baik.

Lantai

Lantai adalah bagian fundamental dalam dekorasi ruangan. Bukan hanya desain yang perlu menjadi perhatian, namun juga kualitas materialnya. Beberapa di antara kualifikasi itu adalah ketahanan terhadap pemakaian harian, kelembaban dan beban, serta warna yang tahan lama. Kita dapat menemukan berbagai jenis lantai di pasaran mulai dari halus hingga mengkilap atau warna matte, dengan atau tanpa tekstur, lantai tanah liat rustic atau lantai batu, lantai keramik atau lantai kayu, lantai sintetis atau lantai marmer.

Jenis lantai yang kita pilih yang akan menjadi bagian dari dekorasi rumah memiliki hubungan langsung dengan ruangan di mana lantai itu akan dipasang. Pemilihan lantai menggunakan marmer merupakan salah satu pilihan terbaik karena dapat menambahkan kesan elegam terhadap kamar.

Pencahayaan

Pencahayaan kamar tidur yang baik yaitu dengan memiliki pencahayaan alami dan buatan. Kamar yang baik memiliki jendela agar cahaya alami dapat masuk saat siang hari, sehingga kamar akan terasa terang dan segar. Selain itu pencahayaan alami juga dapat menghemat listrik sehingga kita tidak perlu menyalakan lampu dalam seharian.

Sedangkan pencahayaan buatan menggunakan lampu pada langit-langit plafon yaitu drop ceiling dengan lampu-lampu downlight berwarna warm white agar ruangan terkesan nyaman dan elegan, dimana ruangan tidak terlalu gelap dan juga tidak terlalu terang.

Aksesoris Interior

Ruangan yang polos akan terasa membosankan bagi kita yang menempati. Aksesoris merupakan benda yang digunakan untuk membuat sesuatu menjadi lebih menarik dipandang mata. Hal ini juga berlaku untuk memperindah dinding kamar tidur kita. Interior kamar yang flat tanpa adanya aksesoris tentunya tidak terlihat menarik dan nyaman untuk dilihat. Pemilihan aksesoris kamar tidur pun tak boleh sembarangan. Aksesoris yang dipilih haruslah sesuai dengan tema desain kamar yang Anda miliki. Warna cat dinding kamar juga menjadi faktor lain dalam memilih aksesoris karena tidak semua jenis aksesoris akan tampak pas dilihat. Sehingga membawa masuk kesan alami dari luar melalui tanaman hias dapat menjadi cara efektif dalam menghadirkan kesegaran baru di kamar tidur. Lalu kita juga bisa menghias ruangan dengan beberapa pigura agar ruangan menjadi lebih menarik.