Dalam pengembangan bangunan, khususnya rumah, pemilik sering dihadapkan dengan proses pengambilan keputusan pemilihan bahan bangunan untuk kusen pintu dan jendela serta elemen dekoratif lainnya. Ada banyak bahan yang bisa dipertimbangkan seperti aluminium, pvc, baja, stainless steel, dan tentu saja kayu. Ada banyak alasan yang dapat dipertimbangkan ketika Anda memilih untuk menggunakan kayu. Berikut adalah beberapa alasan bagus untuk dipertimbangkan.

    • Kayu adalah sumber daya alam yang berkelanjutan.
      Aluminium, baja dan barang mineral lainnya adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan akan habis dari bumi kita. Kayu adalah sumber daya alam yang dapat diperbarui. Jangan takut untuk menggunakan produk hutan jika berasal dari hutan produksi, dan bukan hasil pembalakan liar, karena produksi hutan akan selalu ditanam kembali, sehingga memastikan kelestarian lingkungan hutan. Sari Jati selalu mendapat pasokan dari produksi kayu hutan dan bukan dari sumber ilegal.
    • Kayu merupakan bahan baku yang ramah lingkungan.
      Dalam proses pengolahan pohon menjadi kayu, semua bagian pohon dapat dimanfaatkan tanpa mencemari lingkungan. Tidak ada bagian dari kayu yang terbuang dan mencemari lingkungan pemrosesan seperti logam berat, atau kandungan PVC vinil klorida yang berisiko terhadap lingkungan dan kesehatan. Meskipun sadar bahwa kayu yang digunakan tidak biodegradable kembali di tanah, Sari Jati selalu berusaha memanfaatkan semua bagian kayu seefisien mungkin sehingga dapat digunakan sebanyak mungkin.
    • Kayu adalah bahan baku yang bisa didaur ulang.
      Tidak perlu membeli barang baru jika barang lama bisa direnovasi. Dengan kayu, Anda dapat mengubah warna, mengampelas lagi dan memberi warna baru, mengganti atau menambahkan bingkai ke bingkai, mengganti atau menambahkan hiasan pada pintu / jendela Anda.
    • Kayu adalah bahan baku yang dapat beradaptasi dengan kondisi lingkungan.
      Tidak hanya ramah lingkungan, kayu juga mudah menyesuaikan dengan lingkungan. Kayu responsif terhadap suhu, kelembaban, dan kebisingan. Sifat higroskopis dari kayu yang membuat kayu mampu menyerap dan melepaskan kelembaban ke udara. Kayu juga bukan bahan penghasil panas yang baik. Kayu bagus untuk menjaga keseimbangan suhu dan kenyamanan rumah Anda. Kayu juga memiliki sifat akustik yang dapat menyerap suara. Beberapa jenis kayu juga dapat digunakan untuk mendesain ruangan yang memiliki sifat akustik yang baik.
    • Kayu adalah bahan baku alami yang memiliki serat yang unik, warna-warna indah, dan sangat alami.
      Kayu adalah bahan baku yang sangat indah. Indonesia sangat kaya akan jenis kayu sehingga masing-masing kayu memiliki gaya yang unik, begitu indah dan beragam warna. Anda dapat memilih kayu Anda sendiri sesuai keinginan Anda. Karakteristiknya sangat berbeda jika dibandingkan dengan bahan baku logam lainnya.

Yang penting adalah mengenali sifat-sifat kayu, menggunakan kayu sebaik-baiknya, mendesain sesuai kebutuhan, memanfaatkan kekuatan masing-masing dan menghindari kekurangan kayu, menutupi kelemahan, maka Anda tidak perlu takut untuk memutuskan untuk menggunakan kayu sebagai bahan baku.

Leave a Comment